Home » » Sebuah Nama dan Cerita Dari Kelambir V

Sebuah Nama dan Cerita Dari Kelambir V

Written By Unknown on Saturday 20 July 2013 | 01:49

Assalamua’allaikum… Wr. Wb.

Pada suatu hari disebuah desa yang terpencil  hiduplah seorang anak yang manis, hehhehhee, Ops maaf ya :D , jadi teringat waktu SD dahulu waktu pelajaran mengarang, heheheh…, maaf ya Admin…

Saya bernama AZANUDDIN, Lahir di Desa Klambir V, 22 tahun yang silam. mungkin ada yang bertanya2 kenapa nama saya seperti itu, tampak asing kedengaranya,terus terang ini gak ada hubungan sama UDIN Sedunia y, hahahha. Kenapa Saya bernama Azanuddin???, waktu saya tanyak emak saya katanya saya dilahirkan ketika Azdan Subuh, sehingga saya diberikan nama demikian yang artinya, Panggilan Sholat/Agama.  Alhamdulliah saya sangat bersyukur dengan nama ini.., semoga mendapat Ridho Allah SWT, AMIN…

Untuk pengalamaan Saya didunia Komputer, saya awali dengan mengenal komputer waktu saya duduk dbangku SLTP/SMP kelas 2, waktu itu saya mengenalnya dari seorang sahabat SLTP/SMP saya sekaligus teman bermain dirumah yang bercerita tentang komputer, kebetulan dia sudah masuk disebuah tempat les komputer di kelambir V, jadi walaupun kelambir V masih terpencil waktu itu, tetapi sudah ada tempat les komputernya, hehehhee(sombong). akhirnya saya ikut juga masuk ketempat les tersebut. waktu itu masih belajar Windows 98 dan Office 2000. tetapi saya sangat tertarik dengan pelajaran yang diajarkan instrukturnya waktu itu…, setelah 3 bulan les, akhirnya saya lulus dengan predikat Baik. Alhamdulillah..

Selepas bangku SLTP/SMP, waktu itu saya cukup bingung untuk menentukan sekolah SMA atau SMK yang menjadi sekolah selanjutnya, untuk SMA saya sama sekali tidak tertarik, karena rata2 keluarga saya masuk SMK, Kakak Saya Pesantren, dan Kedua Abng saya masuk SMK Elektro dan SMK Otomotif, saya berfikir apakah saya harus ikut sperti mereka, karena pada waktu itu anak2 muda dikelambir V rata2 bersekolah di SMK Otomotif dan SMA. kemudian saya teringat dahulu kan saya pernah les komputer, jadi saya memutuskan untuk masuk sekolah Komputer.

Waktu itu tahun 2004 dimedan yang saya ketahui belum ada sekolah komputer, Kemudian seorang sahabat saya mengabarkan bahwa telah dibuka sekolah SMK kompter negeri, yang bernama SMK Negeri 9 Medan. SMK Negeri 9 Medan merupakan sekolah komputer pertama dimedan waktu itu. Akhirnya saya mendaftar disana dan lolos proses seleksi.

Di SMK Negeri 9 Medan ada 2 jurusan waktu itu, TKPJ dan RPL, saya memilih jurusan RPL( Rekayasa Perangkat Lunak) karena saya tertarik kedunia Software. Waktu saya belajar di kelas 1,2 dan saya mempelajari Bahasa pemrogrman PASCAL,  Quick Basic, Sistem Operasi Windows, Delphi, Cobol, VB, Database. PHP, Java dll, yang saya lupa, hehehhee…, waktu itu ketika saya kelas 1 dan kelas 2 saya sama sekali belum mempunyai komputer sendri dirumah, karena waktu itu harga komputer cukup mahal, tetapi saya tetap semangat, ketika waktunya pulang saya dan beberapa teman tidak pulang, tetapi kami berada di LAB sekolah sampi sore, guna untuk mengulang pelajaran dan Ngoprek2… dengan teman dari jurusan TKPJ, jadi walaupun saya jurusan program tetapi saya belajar hardware dan jaringan dari temen2 TKPJ.

Pengalaman saya bertambah ketika dikelas 2 saya dan seorang teman saya bekerja menjadi teknisi panggilan, untuk  mencari uang tambahan. saya berani menjadi teknisi waktu itu atas motivasi guru saya yang berkata “Meskipun kita gak tahu caranya, tapi kita berani, bagaimana kita tahu salahnya kalau kita tidak mencobanya”, sampai sekarang itu masih melayang2 diingatan saya..

Akhirnya setelah kerja keras, dengan suka dan duka  selama 3 tahun, Alhamdulliah, saya berhasil Lulus dengan predikat juara umum disemua jurusan waktu itu.

Setelah lulus dari SMK 9 Medan, saya meminta kepada orang tua saya untuk melanjutkan kuliah S1 jurusan komputer, dan orang tua saya menyetujuinya. Kemudian saya bertanya kepada guru saya dimana kuliah yang bagus. Kebetulan waktu itu guru saya baru menamatkan S1 di STMIK BUDIDARMA MEDAN sehingga dia menganjurkan untuk masuk ke STMIK BUDIDARMA. tanpa fikir panjang lagi besoknya saya mendaftar di STMIK BUDIDARMA.

Ketika duduk dibangku kuliah saya makin semangat untuk mendalami ilmu di dunia komputer, dan Alhamdulliah di semester 1 dan ke 2 saya mendapatkan nilai yang bagus. Di semester 3, waktu itu di STMIK BUDIDARMA ada club programming bernama BPC(Budidarma Programming Club), jadi saya mendaftar dan menjadi anggota club programming  tersebut. setelah dibimbing oleh beberapa instruktur selama +- 1 tahun lamanya, akhirnya saya berfikir, percuma ilmu dan pengalaman banyak jika tidak diamalkan, akhirnya saya memberanikan diri menjadi instruktur pengajar dan sekaligus waktu itu saya terpilih menjadi ketua club BPC tersebut..

Akhirnya setelah kerja keras, dengan suka dan duka  selama 4 tahun, Alhamdulliah, saya berhasil Lulus dengan nilai yang baik dan mendapat predikat Mahasiswa Berprestrasi…

Setelah lulus dari bangku Kuliah, Alhamdulillah saya diterima untuk menjadi tenaga pengajar/Dosen di STMIK BUDIDARMA MEDAN dan saya melanjutkan kuliah S2 untuk lebih memperdalam lagi ilmu dibidang komputer.

Mngkin itu pengalaman saya tentang komputer, bagi pembaca, saya ada beberapa tips untuk mempelejari sesuatu :

1. Hobby– Ngoprak-ngaprek

2. Cinta – Ngak perlu dibahas, karena kita ketahui semua kalo yang namanya Cinta apapun pasti dilakukan asal bermanfaat

3. Terapkan Konsep BINER (0 dan 1)

Biner mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita apalagi untuk mereka-mereka yang berkecimpung ato menuntut ilmu di bidang komputer, dimana bilangan tersebut merupakan cikal bakal dan yang digunakan saat ini didalam mekanisme komputer, nah tanpa disadari memang bahwa ternyata Biner ini memiliki makna dalam kehidupan sehari-hari makanya untuk itu saya gunakan ini sebagai konsep, yakni bahwa angka 0 (nol) melambangkan kekosongan, ketidakmampuan, kekurangan, kehampaan,  dan sejenisnya dan angka 1 (satu) ini melambangkan hanya ada 1 sumber yang memiliki segala-galannya ..  yakni Allah Aza Wajalla, untuk itu berpijak dari konsep tersebut maka kita harus selalu haus akan ilmu dan dengan perasaan tersebut kita akan selalu ingin tahu.

Nah mudah-mudahan pengalaman saya ini bermanfaat.

Wassalam ..

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Mesran.Net | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Budidarma Programming Club - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template